Kritik dan saran

Bagi yang punya ilmu,langsung tambahin ke comment aja dengan mengisi anonym aja,kalo mo cantumin nama langsung di isi sarannya itu yap,oya, bisa juga langsung kirim email ke

muziro1787@gmail.com


Fitur baru,ayo rame2 diskusi,klo dah gbung,ajak yang laen juga yuppp

leukosit.blogspot.com

Senin, 28 April 2008

JAWABAN SOAL MID HEMATOPOETIN REINFORCER 2007

1 d
2 b
3 e
4 a
5 d
6 a
7 e
8 c
9 b
10 e
11 a
12 d
13 a
14 x
15 a
16 e
17 a
18 a
19 d
20 e
21 e
22 c
23 a
24 trun2
25 d
26 d
27 b
28 e
29 e
30 d
31 c
32 d
33 b
34 d
35 b
36 d
37 d
38 b
39 b
40 c
41 d
42 b
43 a
44 c
45 e
46 a
47 b
48 a
49 d
50 d
51 a
52
53
54 b
55 b
56 b
57 b
58 b
59 b
60 a
61 d
62 a
63 a
64 b
65 d
66 d
67 d
68 a
69 b
70 c
71 d
72 a
73 a
74 e
75 e
76 a
77 b
78 b
79 d
80 c
81 b
82 a
83 c
84 x
85 c
86 d
87 b
88 b
89 d
90 a
91 c
92 c
93 c
94 b
95 a
96 a
97 d
98 c
99 c
100 b

Kamis, 24 April 2008

Bu danis

hmmm....kemaren aku bertanya kepada Ibu Danis tentang knapa pada Leukemia akut pada Px darahnya bisa ditemukan jmlh leukosit yang bisa naik,turn atau bahkan malah normal.
Bu Danis, " itu terjadi sangat jarang....bisa turun atau normal pada saat krisis BLAST (?????)). Krisis itu membuat sel blast yang harusnya tumbuh dewasa menjadi nggak bs berkembang...nah klo nggak berkembang kan jadinya ngak ada LEUKOSIT yang dibentuk....Tapi itu sangat-sangat-sangat amat jarang sekali terjadi. Saya saja yang sudah berkecimpung di dunia hematologi, jarang sekali menemukan hal tersebut. Biasanya leukosit akan turun kok,"

yah....itulah.....aku agak kurang mudeng sebenernya....
krisis blas (kt Saugi) kyknya terjadi pada Leukemia Kronik....kok ini di akut ya???
Apakah di kasus kronik leukosit juga bisa naik-turun atau normal????

oh ya, pembeda kronik dan akut adalah ditemukannya HIATUS LEUKEMIKUS di akut.....
apakah itu??bagaimana bentuknya???apa perannya???
Wkwkwkw

Senin, 21 April 2008

Tambahan Dari Siti Hardiyanti hehe2

ikut nambah2in aja nih,,,
kalo pasien punya gejala ga nafsu makan, selain karena ditemukan hepatosplenomegali ada kemungkinan sebab lain misalnya adanya bakteri yang mempengaruhi pusat lapar n kenyang.
terus ya kalo masalah demam akuw setuju ma km di kalo itu gara2 sepsis dan demem yang naik turun i2 juga salah satu tanda penyakitnya uda mulai rekreasi. mow nambahin dari riwayat hidup nih(hehehe), kalo sering minum obat akuw kadang sering nyeri sendi, obat2an bisa jadi mengganggu proses pembentukan sel2( kaya osteoklas kata pak komting, tapi ituw kasusna Multiple Mieloma ciy, kaluw kuw kasusna pilek berat, hehehe...)

didi, kalo menurutkuw akut tuw gejalanya parah tapi kemungkinan sembuhnya lumayan besar, tapi kalo kronik gejalanya ga terlalu kelihatan(bahkan taunya juga karna ga sengaja, ya ga??)tapi buat nyembuhin kemungkinannya kecil, soalnya penyakitnya udah bikin apartemen dimana2,,,,

halah,,,
iya gak ya... masih belum terlalu dalem sih,,,,
minta bantuannya ya,,,,

Minggu, 20 April 2008

Jawaban dari pertanyaan Mb gita

Mb gita bertanya tentang:
leukimia kok bisa demam
infiltrasi sutul tuh bisa bikin nyeri sendi g?
Tidak tetapnya jumlah leukosit pada DT
Perbedaaan yang signifikan pada klasifikasi Leukimia


Begini mbak gita
Tentang infiltrasi Sutul pada pasien leukimia itu memang menyebabkan nyeri sendi dan tulang.
saya menyimpulkan dari definisi infiltrasi sendri dari OM Dorland,IPD yg ijo jlid 2, dan juga infiltrasi leukosit pada tulang menyebabkan infark pada tulang.. www.medlinux.blogspot.com
Kalau demam itu Umumnya demam ini timbul karena infeksi bakteri akibat granulositopenia atau netropenia. Pada waktu febris juga didapatkan gejala keringat malam, pusing, mual dan tanda-tanda infeksi lain.
Kalo mengenai jumlah leukosit yang tidak tetap pada dt itu saya angkat tangan mbak,mungkin teman2 ada yang bisa menjawab, dimohonkan mbak gita ngajak gabung temen2 yang lain yap....
Tentang perbedaan Klasifikasi leukimia
Saya belum sempat membaca tuntas,jadi tolong beri waktu yup,klo tmen2 ada yang bisa jawab juga monggo2 aja
nanti di post di sini aja
yang jelas, kronik dan akut mulai saat ini bukan menjadi tolak ukur sisa hidup sang pasien,hehe

Skenario lbm 4

Seorang laki-laki berusia 30 tahun, yang bekerja sebagai tukang plitur, datang dari Jepara selama 1 bulan ini mengeluh sesak nafas yang dirasakan terus menerus, tidak dipengaruhi cuaca maupun emosi. Badan terasa capek, mudah lelah dan lemas. Pasien merasakan nafsu makannya menurun, kaki dan tangannya kadang-kadang tiba-tiba muncul lebam-lebam walau tidak terbentur apapun. Pasien merasa semakin kurus, sering sakit, deman naik turun, lemas. Persendian lututnya terasa nyeri. Dokter Puskesmas yang memeriksanya mendapatkan adanya tanda-tanda anemia. Sedang di Abdomen dijumpai hepatosplenomegali. Pemeriksaan lab darah jumlah leukosit: 125.000/mm3.

Selanjutnya kami akan melanjutkan dengan memberikan poin2 penting dari skenario yang harus kita ketahui dan pahami. Silahkan scroll ke bawah, :>

Sesak nafas yang dirasakan terus menerus
Tukang plitur
Tidak dipengaruhi cuaca maupun emosi
Nafsu makannya menurun,
Kaki dan tangannya kadang-kadang tiba-tiba muncul lebam-lebam walau tidak terbentur apapun
Merasa semakin kurus, sering sakit, deman naik turun, lemas.
Persendian lututnya terasa nyeri
Tanda-tanda anemia
Hepatosplenomegali
Jumlah leukosit: 125.000/mm3

Pembahasannya

Kalo ngomong soal sesak nafas , mestinya kita tinjau, kalau tidak saluran pernafasan termasuk pulmo,atau kita tinjau sang mesin pompa cardio, dan keadaan mobil oksigen kita (eritrosit). Kalau dalam kasus ini sih kami mencurigai si tentara leukosit. Ternyata, pada pasien yang mengalami leukositosis (125 ribu/mm3) yang biasanya disebabkan oleh :
a. Genetika :
Misalnya pada penderita sindrom Down, perubahan yang terjadi pada krmosom 21 ini memiliki resiko leukemia akut 20 kali daripada orang normal.
b. Sinar radioaktif :
Ini sangat jelas, pada pengeboman Hiroshima dan Nagasaki mengakibatkan banyak penduduk terkena Leukimia (khususnya LMA dan LGK )
c. Virus
Beberapa virus sudah dipastikan menyebabkan leukemia pada hewan, tapi belum pasti pada manusia, tetapi pada manusia yang menderita leukemia, ditemukan enzim yang dimiliki juga oleh virus penyebab leukemia pada binatang yaitu enzim reverse transcriptase. Virusnya bertipe C retrovirus.
Ini berakibat buruk bagi tetangganya, khususnya trombosit The Freezer, biasanya leukositosis akan berlanjut pada ITP yaitu turunnya jumlah trombosit karena diserang oleh leukosit itu sendiri. Dan kalau trombosit pada pecah, yang terjadi adalah ptechie ataupun purpura <>
Nah tmen2, bisa ditebak sendiri kan, apa yang terjadi apabila trombosit pada diserang?
Terjadi pendarahan yang tak bisa dibekukan, Otomatis mobil2 oksigen pun pada ilang semua, Anemi deh…
Karena terjadi anemia, maka terdoronglah eritropoiesis Ekstra Meduler, Hepar dan splen pun menjadi gali dan nodus2 limfepun juga ikut2an, salah satunya di poplitea, maka dari itu, sendi lututpun terasa nyeri
Eitz, tunggu dulu, masih ada satu hal lagi yang terjadi akibat ulah Si Tentara yang mbabi buta , gara2 dia nyerang trombosit, Mbah splen pun menjadi gali karena dia memang bertugas buat destruksi trombosit


Yang masih penulis bingung,
1. Apakah pekerjaan pasien itu mempengaruhi timbul penyakit ini?
2. Kenapa nafsu makan pasien turun?

Saya harap teman2 sekalian mau memberikan komentar atas artikel ini,
Apalagi mau membantu menjawab atau mungkin membetulkan tulisan saya yang banyak kesalahan ini…

Pertanyaan baru 20 April 2008

Mbak gita bertanya
gimana cara mbedain yang kronik dan yang akut jika kita tahu-tahu telah nemuin kasus leukemi yang udah parah....masa kita nunggu dia matinya kapan??? '='??
hehehe

Wassalam...tolong informasinya yah...
kalau dari teman2 ada yang bisa menjawab
mohon kesediaannya untuk mngisi pada komen

Mbak Gita berkata

Terima kasih banyak mbak gita yang udah ikut serta buat ngejawab pertanyaannya
kira2 bgini jawaban dari mbak gita tentang plitur dan turunnya nafsu makan

gita:

Aslm
Hi didi'...menurutku pekerjaan sang bapak yang jadi aktor di skenario ini sangat berhubungan dengan terjadinya penyakit yang ia derita. Di beberapa buku menyebutkan bahwa, selain genetik, terpapar radiasi dan virus, juga disebutkan bahwa zat-zat kimia seperti benzena,arsen,pestisida,kloramfenikol,fenilbutazon yang merupakan agen antineoplastik, dapat menjadi penyebab terjadinya kasus leukemia.Apalagi jika sang aktor tersebut menjalani pekerjaan memliturnya tidak "lege artis" seperti ga pake masker,sarung tangan dll,wah bahaya tuh!
aku blum nemuin gimana mekanismenya, tapi menurutku zat kimia itu dapat menyebabakan mutasi atau tepatnya translokasi kromosom 9 dan 22 yang orang-orang ppinter menyebutnya Kromosom Philadelpia (terjadi 85% pada CML)

Kalo nafsu makannya menurun...hmmm apa yah...mungkin...orang leukemi kan biasanya terjadi hepatosplenomegali, nah membesarnya hati n lien ini mendesak lambung sehingga ada sensasi penuh dalam lambungnya yang bikin dia ga selera makan....

kalo aku sakit sih, aku bakalan makan yang banyak!!!

sekian didi....semoga yang sedikit ini bisa membantu..
sumber : Patifisiologi (Price&Wilson)

Jumat, 18 April 2008

Pembahasan LBM 4

Kalo ngomong soal sesak nafas , mestinya kita tinjau, kalau tidak saluran pernafasan termasuk pulmo,atau kita tinjau sang mesin pompa cardio, dan keadaan mobil oksigen kita (eritrosit). Kalau dalam kasus ini sih kami mencurigai si tentara leukosit. Ternyata, pada pasien yang mengalami leukositosis (125 ribu/mm3) yang biasanya disebabkan oleh :
a. Genetika :
Misalnya pada penderita sindrom Down, perubahan yang terjadi pada krmosom 21 ini memiliki resiko leukemia akut 20 kali daripada orang normal.
b. Sinar radioaktif :
Ini sangat jelas, pada pengeboman Hiroshima dan Nagasaki mengakibatkan banyak penduduk terkena Leukimia (khususnya LMA dan LGK )
c. Virus
Beberapa virus sudah dipastikan menyebabkan leukemia pada hewan, tapi belum pasti pada manusia, tetapi pada manusia yang menderita leukemia, ditemukan enzim yang dimiliki juga oleh virus penyebab leukemia pada binatang yaitu enzim reverse transcriptase. Virusnya bertipe C retrovirus.
Ini berakibat buruk bagi tetangganya, khususnya trombosit The Freezer, biasanya leukositosis akan berlanjut pada ITP yaitu turunnya jumlah trombosit karena diserang oleh leukosit itu sendiri. Dan kalau trombosit pada pecah, yang terjadi adalah ptechie ataupun purpura <>
Nah tmen2, bisa ditebak sendiri kan, apa yang terjadi apabila trombosit pada diserang?
Terjadi pendarahan yang tak bisa dibekukan, Otomatis mobil2 oksigen pun pada ilang semua, Anemi deh…
Karena terjadi anemia, maka terdoronglah eritropoiesis Ekstra Meduler, Hepar dan splen pun menjadi gali dan nodus2 limfepun juga ikut2an, salah satunya di poplitea, maka dari itu, sendi lututpun terasa nyeri
Eitz, tunggu dulu, masih ada satu hal lagi yang terjadi akibat ulah Si Tentara yang mbabi buta , gara2 dia nyerang trombosit, Mbah splen pun menjadi gali karena dia memang bertugas buat destruksi trombosit


Yang masih penulis bingung,
1. Apakah pekerjaan pasien itu mempengaruhi timbul penyakit ini?
2. Kenapa nafsu makan pasien turun?

Saya harap teman2 sekalian mau memberikan komentar atas artikel ini,
Apalagi mau membantu menjawab atau mungkin membetulkan tulisan saya yang banyak kesalahan ini…
klik komentar untuk berpartisipasi....…

Sianosis

Sianosis terjadi akibat darah yang beredar ke seluruh tubuh mengandung darah kotor yang rendah oksigen. Bila kadar oksigen yang beredar teralu rendah (pasien biru sekali), bisa terjadi gangguan otak dengan manifestasi gelisah, menangis merintih, lemas bahkan sampai kejang. “Kondisi ini disebut spell yang harus segara ditangani sebelum berlanjut menjadi kegawatan yang fatal,” sering terlihat cepat lelah, sehingga kemampuan fisiknya di bawah anak normal. www.pd.persi.co.id
kelainan jantung sianotik karena terjadi pemompaan darah yang sedikit mengandung oksigen ke seluruh tubuh, sehingga terjadi sianosis (kulit berwarna ungu kebiruan) dan sesak nafas. www.medicastore.com

Senin, 14 April 2008

Patologis leukosit

Patologis Leukosit:
- infeksi perdarahan
- trauma
- penyakit keganasan
- penyakit jantung
- keracunan obat & bahan kimia
- kelainan metabolik
- penyakit-penyakit kolagen
- miscellaneous

Leukopeni : jumJah Leukosit kurang dari normal
Penyebab patologis Leukosit berkurang:
- obat-obatan
- depresi sumsunl tulang
- radiasi
- keracunan (benzene, Au . Urethan )
- obat-obatan sitostatika
- infeksi : bakteri, virus, riketsia, protozoa

eosiNOFILIA < patologis Leukosit eosinofil banyak:
- alergi
- parasit
- peyakit kulit
- infeksi
- zat-zat kimia ( Ni / nikel )

eosinOPENI/aneosinofila/ leukosit eosinofil sedikit :
- steroid berlebiban
- ACTH
- tifoid


BASOFILIA < patologis Leukosit basofil banyak>:
- CML
- polisitemia vera
- mielofibrosis
- stadium konvalesen
- penyakit infeksi
- post splenektomi

BASOPENIA < patologis Leukosit basofil sedikit>:
- pengobatan steroid
- sinar X
- obat-obatan ( busulfan )
- tirotoksikosis
- urtikaria

Leukosit


Asal leukosit : dibentuk di organ hemopoietik



Leukosit memiliki 2 jenis
leukosit granulosit
leukosit agranulosit

Leukosit Granulosit : hanya di sumsum tulang.
Leukosit agranulosit :


Limfosit

- LN (Iimfonodus)
- Jaringan limfoid
- Sebagian sumsum tulang.

Monosit:
- Lien.
- Jaringan limfoid
- Sebagian sumsum tulang.



Produksi dan masa hidup :
Siklus neutrofil : 14- 23 hr.

Leukosit dilepaskan dari jaringan hemopoeitik - aliran darah - jaringan tubuh .
Stem cell - granulosit : 2 stadium.
I. Stadium pembelahan Leukosit granulosit:
Mieloblas, promielosit dan mielosit : mengalami 1x / pembelahan.
2. Stadium pemasakan leukosit agranulosit:
Metamielosit, staf dan segmen : pembelahan (-), pematangan dengan cepat


Fungsi :
Bermacam-macam tergantung dari macam Leukosit.
Umumnya :
- mempertahankan tubuh
- melawan infeksi.
-Mempunyai dinding gelatin yang dapat menggelembung.

Neutrofil polimorfonuklear.
- Untuk pertahanan, melawan infeksi akut bergerak aktif dan fagositosis - menuju tempat infeksi /jaringan yang rusak.
Memakan dan membunuh mikroorganisme

Eosinofil
Daya fagositosis & gerak : lebih lamban.
Tertarik oleh adanya interaksi antigen-antibodi dijaringan khususnya protein asing


misal :
- penyakit alergi
- penyakit parasit

Limfosit:

Bergerak aktif
Berperan pada sistem imunologik

Monosit:

- Mempunyai daya fagositik terhadap kuman, benda asing , leukosit yang mati.
- Daya imunologik lain

Basofil :

Fungsi tidak begitu jelas
Tidak mempuyai sifat fagositik,
Berisi heparin
Sering ditemukan bersama eosinofiI.

Harga normal Leukosit :

Dewasa : 4.000 - 10.000 sel/mm3
infant : 10.000 - 25.000 sel/mm3
1 th : 6.000 - 18.000 sel/mm3
4-7 th : 6.000 - 15.000 sel/mm3
8-12 tH: 4.500 - 13.000 sel/mm3

Differential count:
harga relatif harga absolut leukosit
Eosinofil 1-4 % 50 - 400
Basofil 0-1 % 0- 100
Neutofil staf 2 - 5 % 200 - 500
Neutrofil segmen 50 -70 % 2500 - 7000
Limfosit 20 - 40 % 800 - 4000
Monosit 2-8 % 80 - 800

Pemasakan sel leukosit ditandai :

Perkembangan granula spesifik
Menghilangnya warna basofilik sitoplasma
ditandai dengan bentuk segmen
Geraknya lebih cepat
Kemampuan fagositosis bertambah kuat

Leukosit yang masuk dilepaskan ke sirkulasi darah dan menuju ke jaringan , tidak kembali ke sirkulasi lagi. Sel-sel granuJosit di dalam darah tidak seterusnya bersirkulasi, tergantung pembatas sepanjang dinding pembuluh dara
Dikenal 2 penyebaran sel leukosit granulosit :
1. Yang bersirkulasi bebas
2. Yang berada di tepi
Ada Pertukaran continue antara 1 & 2, yang ukufannya sama besar hanya bersirkulasi sampai di darah tepi. Sel granulosit yang masak ditimbun di sumsum tulang ( 20-25 kali dari jumlah granulosit di darah ) ~ bila diperlukan akan di lepaskan ke darah perifer .
Waktu generasi sel primitif sampai dengan masak : 10 hari.
Selanjutnya Patologis Leukosit akan saya bahas
video leukosit
video